Laman

Friday 22 March 2013

Hati Manusia


Ya Allah teguhkanlah kami diatas agamaMu!

Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam berdoa:
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ
“Wahai Robb yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.”

[HR.Tirmidzi 3522, Ahmad 4/302, al-Hakim 1/525, Lihat Shohih Sunan Tirmidzi III no.2792]
Dalam riwayat lain Rasulullah bersabda:
‎اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ
“Allahumma mushorrifal quluub shorrif quluubana ‘ala tho’atik.”
[Ya Allah yang memalingkan (membolak-balikkan) hati manusia, palingkanlah hati kami di atas ketaatan kepada-Mu]
[HR. Muslim (no. 2654)]
Hadits-hadits yang berkaitan dengan dzikir diatas
Hadits pertama
Nawwas bin Sam’an Al Kilabi berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
مَا مِنْ قَلْبٍ إِلَّا وَهُوَ بَيْنَ أُصْبُعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
“Tidak ada satu hati pun kecuali ia berada di antara dua jari dari Jari-Jemari Rabb semesta alam.
إِنْ شَاءَ أَنْ يُقِيمَهُ أَقَامَهُ وَإِنْ شَاءَ أَنْ يُزِيغَهُ أَزَاغَهُ
Jika Dia ingin memberikannya keistiqamahan niscaya Ia akan berikan keistiqamahan padanya. Dan jika Dia ingin memalingkannya (dari Islam) niscaya akan dipalingkan-Nya dari Islam.”
Dan beliau berdo’a:
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قُلُوبَنَا عَلَى دِينِكَ
“YAA MUQALLIBAL QULUUB TSABBIT QULUUBANAA ‘ALAA DIINIK
(Wahai Dzat yang membulak-balikkan hati tetapkanlah hati kami di atas agama-Mu).
وَالْمِيزَانُ بِيَدِ الرَّحْمَنِ عَزَّ وَجَلَّ يَخْفِضُهُ وَيَرْفَعُهُ
Dan Al Mizan juga berada di Jari Ar Rahman ‘azza wajalla Dia lah yang meringankan dan mengangkatnya.”
(HR. Ahmad; dishahiihkan syaikh muqbil dalam shahiihul musnad)
Hadits kedua
dari Anas ia berkata; Bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam banyak mengucapkan doa:
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ
“YA MUQALLIBAL QULUUB, TSABBIT QALBI ‘ALA DINIK”
(ya Allah Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hati kami di atas agama-Mu).
Anas berkata; Maka kami (PARA SHAHABAT) berkata;
“Wahai Rasulullah, kami telah beriman kepadamu dan kepada wahyu yang engkau bawa, maka apakah engkau masih mengkhawatirkan kami?”
Beliau menjawab:
نَعَمْ إِنَّ الْقُلُوبَ بَيْنَ أُصْبُعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ يُقَلِّبُهَا
“Ya, sesungguhnya hati itu berada di antara jari-jari Allah ‘azza wajalla, Dialah yang membolak-balikkannya.”
(HR. Ahmad; Ibnu ‘Adiy berkata didalamnya terdapat perawi yang bernama Abu Sufyan dan dia tidak mengapa.)
Dalam riwayat at-Tirmidziy dengan lafazh:
‎نعم إن القلوب بين إصبعين من أصابع الله يقلبها كيف شاء
Benar, sesungguhnya hati itu berada diantara jari-jari Allah, Ia membolak-balikannya sekehendakNya.
(HR.at Tirmidizy dishahiihkan syaikh al-albaaniy dalam shahiih at Tirmidziy)
Hadits ketiga
dari ‘Aa-isyah radhiyallahu ‘anhaa berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memperbanyak mengucapkan;
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ وَطَاعَتِكَ
“YA MUQALLIBAL QULUUB, TSABIT QALBI ‘ALA DINIK, WA THAA’ATHIK
(Wahai yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu dan ketaatan kepada-Mu).”
Lalu dikatakan kepada beliau, wahai Rasulullah! Affan telah berkata; Aisyah telah berkata kepadanya, sesungguhnya engkau memperbanyak membaca;
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ وَطَاعَتِكَ
“YA MUQALLIBAL QULUUB, TSABBIT QALBI ‘ALA DINIK, WA THAA’ATHIK
(Wahai yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu dan ketaatan kepada-Mu).”
Beliau bersabda:
وَمَا يُؤْمِنُنِي وَإِنَّمَا قُلُوبُ الْعِبَادِ بَيْنَ أُصْبُعَيْ الرَّحْمَنِ إِنَّهُ إِذَا أَرَادَ أَنْ يُقَلِّبَ قَلْبَ عَبْدٍ قَلَّبَهُ قَالَ عَفَّانُ بَيْنَ أُصْبُعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ
“Apa yang membuatku aman, sesungguhnya hati hamba berada diantara dua ujung jari-jemari Arrahman, apabila Ia berkehendak untuk memabalikkan hati seorang hamba maka Ia akan membalikkannya.”
(HR. Ahmad; dalam hadits ini terdapat perawi yang MAJHULAH yaitu: AMANAH BINTI ABDILLAH; dan juga terdapat perawi yang LEMAH yaitu: ‘ali bin zaid)
Namun dalam riwayat lain; yang berbunyi:
dari ‘Aa-isyah radhiyallahu ‘anhaa berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memperbanyak mengucapkan;
‎يامثبت القلوب ثبت قلبي على دينك
Yaa mutsabbital quluub tsabbit qalbiy ‘ala diinik
Bersabda Rasulullah:
‎نعم و ما يؤمني أي عائشة و قلوب العباد بين إصبعين من أصابع الرحمن ؟
Benar, akan tetapi siapakah yang merasa aman wahai ‘aa-isyah; sedangkan hati seorang hamba berada diantara jari-jemari ar-rahmaan?!
(Maka hadits ini DISHAHIIHKAN oleh Syaikh al-albaaniy dalam takhrij kitaabus sunan)
Hadits keempat
Ditanyakan kepada Ummu Salamah;
“Wahai Ummul mukminin! Do’a apakah yang paling banyak Rasulullah shalallahu’alahi wa sallam baca ketika bersamamu?”
ia menjawab;
“Do’a beliau yang paling banyak adalah:
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ
YA MUQALLIBAL QULUUB TSABBIT QALBII ‘ALA DIINIKA
(Wahai yang membolak-balikkan hati! Teguhkanlah hatiku senantiasa di atas agamamu).”
Ia berkata; “Lalu aku bertanya kepada beliau, Wahai Rasulullah! Kenapa do’a yang paling banyak engkau baca:
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ
YA MUQALLIBAL QULUUB TSABBIT QALBII ‘ALA DIINIKA
(Wahai yang membolak-balikkan hati! Teguhkanlah hatiku senantiasa di atas agamaMu)?”
beliau menjawab;
يَا أُمَّ سَلَمَةَ مَا مِنْ آدَمِيٍّ إِلَّا وَقَلْبُهُ بَيْنَ أُصْبُعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مَا شَاءَ أَقَامَ وَمَا شَاءَ أَزَاغَ
“Wahai Ummu Salamah! Tidaklah anak keturunan Adam kecuali hatinya berada di antara dua jari dari-jari Allah Azzawajalla. Bila Ia berkehendak akan meluruskannya dan bila Ia berkehendak maka akan menyesatkannya.”
(HR. Ahmad; dalam sanadnya terdapat “Syahar bin Hawsyab” dan dia didhaifkan para ulama)
Namun dalam riwayat lain, dengan lafazh
‎يا أم سلمة ما من آدمي إلا قلبه بين إصبعين من أصابع الرحمن ، ما شاء أقامه ، و ما شاء أزاغه
“Wahai Ummu Salamah! Tidaklah anak keturunan Adam kecuali hatinya berada di antara dua jari dari-jari ar Rahmaan. Bila Ia berkehendak akan meluruskannya dan bila Ia berkehendak maka akan menyesatkannya.”
(maka hadits ini diSHAHIIHkan syaikh al Albaaniy dalam takhrij kitabus sunan)
Dalam riwayat lain:
Ummu Salamah meceritakan bahwa Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam memperbanyak dalam do’anya:
اللَّهُمَّ مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ
ALLAHUMMAA MUQALLIBAL QULUB TSABIT QALBI ‘ALA DINIK
(Ya Allah, yang membolak balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agamamu).
Ia berkata; saya berkata; “Wahai Rasululah! Apakah hati itu berbolak balik?”
beliau menjawab:
نَعَمْ مَا مِنْ خَلْقِ اللَّهِ مِنْ بَنِي آدَمَ مِنْ بَشَرٍ إِلَّا أَنَّ قَلْبَهُ بَيْنَ أُصْبُعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ اللَّهِ
“Ya, tidaklah ciptaan Allah dari manusia anak keturunan Adam kecuali hatinya berada di antara dua jari dari jari-jari Allah.
فَإِنْ شَاءَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ أَقَامَهُ وَإِنْ شَاءَ اللَّهُ أَزَاغَهُ
Bila Allah Azzawajalla berkehendak, Ia akan meluruskannya, dan jiwka Allah berkehendak, Ia akan menyesatkannya.
فَنَسْأَلُ اللَّهَ
Maka kami memohon kepada Allah;
رَبَّنَا أَنْ لَا يُزِيغَ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَانَا
‘Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau sesatkan hati-hati kami setelah kami diberi petunjuk.’
وَنَسْأَلُهُ أَنْ يَهَبَ لَنَا مِنْ لَدُنْهُ رَحْمَةً إِنَّهُ هُوَ الْوَهَّابُ
Dan kami memohon kepada-Nya supaya memberikan kepada kita rahmat dari sisinya, sesungguhnya dia adalah Maha Pemberi’.”
Saya bertanya; “Wahai Rasulullah! Tidakkah engkau mengajarkan do’a, supaya aku berdo’a dengannya untuk diriku?”
Beliau menjawab:
بَلَى قُولِي
“Baik, ucapkanlah:
اللَّهُمَّ رَبَّ مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ
ALLAHUMMA RABBA MUHAMMADINNABI
Ya Allah, Rabb-nya nabi Muhammad
اغْفِرْ لِي ذَنْبِي
IGHFIR LII DZANBI
ampunilah dosaku,
وَأَذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِي
WA ADZHIB GHAIZHA QALBI
dan hilangkanlah kemarahan yang ada di hatiku,
وَأَجِرْنِي مِنْ مُضِلَّاتِ الْفِتَنِ مَا أَحْيَيْتَنَا
WA AJURNI MIN MUDHILATIL FITAN MAA AHYAYTANA
dan berilah aku pahala dalam menghadapi kesesatan dan fitnah selama Engkau masih menghidupkan kami).”
(HR. Ahmad; diSHAHIIHkan syaikh Ahmad Syaakir)

Tuesday 19 March 2013

Belajar Bahsa Inggris (4)


I. REGULAR VERB
Regular verb: kata kerja yang beraturan, verb ke-2 dan verb ke-3 diakhiri –ed.
Contoh reguler verb dengan akhiran –ed:
NO VERB 1 VERB 2 VERB 3 Arti
1 Hunt Hunted Hunted Memburu
2 Shout Shouted Shouted Berteriak
3 Climb Climbed Climbed Mendaki
4 Inform informed Informed Menginformasikan
5 Start Started Started Memulai
Ada beberapa pembentukan Regular verb yang perlu diperhatikan, karena kita tidak bisa langsung menambahkan –ed pada verb ke-2 dan verb ke-3.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut adalah:
1. Akhiran -d ditambahkan pada kata kerja yang berakhiran dengan huruf e atau ee.
Contoh:
Hope ——hope-d ——-hoped
Agree ——agree-d ——agreed
2. kata kerja yang berukiran dengan huruf -y yang didahalui oleh huruf konsonan. Dalam hal ini ada perubahan dari y menjadi -i dan ditambahkan -ed.
Contoh:
Fry —–fri-ed —–fried
Study —–studi-ed —-studied
Dry ——dri-ed —-dried
3. Untuk kata kerja yang terdiri dari satu suku kata atau lebih dan berakhiran dengan konsonan yang didahului oleh sebuah huruf vokal kecuali h, w, x, y.
Dalam hal ini huruf akhir konsonan tersebut ditulis rangkap dan ditambahkan -ed.
Contoh:
Drop —-drop-p-ed ——dropped
Hug —-hug-g-ed ——hugged
Rob —-rob-b-ed ——robbed
Permit —-permit-t-ed —–permitten
Occur —-occur-r-ed —–occurred
Bandingkan dengan:
Sew —–sew-ed ———sewed
Fix —–fix-ed ——–fixed
II.. IRREGULAR VERB
Irregular verb: kata kerja tidak beraturan, verba ke-2 dan ke-3 tidak berakhiran –ed
Ada cara mudah untuk cepat menghafalnya, yaitu;
• Verb yang bentuk ke-1, ke-2 dan ke-3nya sama
NO VERB 1 VERB 2 VERB 3 Arti
1 Cost Cost Cost Berharga
2 Cut Cut Cut Memotong
3 Hit Hit Hit Memukul
4 Hurt Hurt Hurt Melukai
5 Put Put Put Meletakkan
6 Spread Spread Spread Menyebarkan
7 Read Read Read Membaca
• Verb yang bentuk ke-1 berakhiran d dan bentuk ke-2 serta ke-3nya berubah berakhiran -t
NO VERB 1 VERB 2 VERB 3 Arti
1 Bend bent Bent Membengkokan
2 Build built Built Membangun
3 Lend lent Lent Meminjamkan
4 Burn Burnt/burned Burnt/Burned Membakar
5 Send Sent Sent Mengirim
6 Spend Spent Spent Menghabiskan
• Verb yang bentuk ke-2 dan ke-3 berakhiran -t
NO VERB 1 VERB 2 VERB 3 Arti
1 Feel Felt Felt Merasa
2 Keep Kept Kept Menyimpan
3 Kneel Knelt Knelt Berlutut
4 Smell Smelt Smelt Mencium bau
5 Sweep Swept Swept Menyapu
6 Lose Lost Lost Kehilangan
• Verb yang bentuk ke-2 dan ke-3 berakhiran –ough
NO VERB 1 VERB 2 VERB 3 Arti
1 Bring Brough Brough Membawa
2 Buy Bough Bough Membeli
3 Fight Fough Fough Berkelahi/berjuang
4 Think Though Though Berpikir
• Verb yang bentuk ke-2 dan ketiganya berakhiran -aough
NO VERB 1 VERB 2 VERB 3 Arti
1 catch Caough Caough Menangkap
2 teach Taough Taough Mengajar
• Verb yang bentuk ke-1 dengan huruf vokal-hidup -i, bentuk ke-2 menjadi -a, dan ketiga menjadi -u.
NO VERB 1 VERB 2 VERB 3 Arti
1 Begin Began Begun Mulai
2 Drink Drank Drunk Minum
3 Swim Swam Swum Berenang
4 Sing Sang Sung Menyayi
5 Ring Rang Rung Menelpon
6 Run Ran Run Berlari
• Verb yang bentuk ke-3nya berakhiran-en
NO VERB 1 VERB 2 VERB 3 Arti
1 Beat Beat Beaten Memukul
2 Bite Bit Bitten Menggigit
3 Break Broke Broken Pecah/memecah
4 Choose Chose Chosen Memilih
5 Drive Drove Driven Mengemudi
6 Eat Ate Eaten Makan
7 Fall Fell Fallen Jatuh
8 Forget Forgot forgotten Lupa
9 Give Gave Given Memberi
10 Hide Hid Hidden Bersembunyi
11 Speak Spoke Spoken Berbicara
12 Steal Stole Stolen Mencuri
13 Ride Rode Ridden Naik-kendaraan
14 Rise Rose Risen Terbit
15 Take Took Taken Mengambil
16 Write Wrote Written Menulis
• Verb bentuk ke-3nya berakhiran -n
NO VERB 1 VERB 2 VERB 3 Arti
1 See
Sightsee Saw
sightsaw Seen
sightseen Melihat
2 Show Showed Shown Memperlihatkan
3 Swear Swore Slown Bersumpah
4 Tear Tore Torn Merobek
5 Wear Wore Worn Memakai
6 Sew Sewed Sewn Menjahit
• Verb yang bentuk keduanya berakhiran –ew bentuk ke-3nya berakhiran -n
NO VERB 1 VERB 2 VERB 3 Arti
1 Blow Blew Blown Bertiup/meniup
2 Draw Drew Drawn Menggambar
3 Fly Flew Flown Terbang
4 Grow Grew Grown Tumbuh
5 Know Knew Known Mengetahui/mengenal
6 Throw Threw Thrown Melempar
• Verb yang berirama
NO VERB 1 VERB 2 VERB3 Arti
1 Become Became Become Menjadi
2 Come Came Come Datang
3 Feed Fed Fed Memberi makan
4 Meet Met Met Berjumpa
5 Lead Led Led Memimpin
6 Light Lit Lit Menyala
7 Make Made Made Membuat
8 Get Got Got Mendapat
9 Sell Sold Sold Menjual
10 Tell Told Told Menjual
11 Pay Paid Paid Membayar
12 Say Said Said Berkata
13 Stand Stood Stood Berdiri
14 Understand Understood Understood Mengerti
15 Dig Dug Dug Menggali
16 Hang Hung Hung Menggantungkan
17 Bind Bound Bound Mengikat
18 Find Found Found Menemukan
• Irregular verb lainya
NO VERB 1 VERB 2 VERB3 Arti
1 lie Lied Lied Menipu
2 lie Lay Lain Berbaring
3 Lay Laid Laid Meletakan
4 Have Had Had Memiliki/mempunyai
5 Do Did Done Berbuat/mengerjakan
6 Win Won Won Menang
7 Hear heard Heard Mendengarkan
8 Shine shone Shone Bersinar
9 Go went Gone Pergi
10 Sit Sat Sat Duduk
11 Sleep slept Slept Duduk tidur
12 Die died Died Mati/meningal
13 learn Learnt/learned Learnt/
Learned Belajar/mengajari
Refensi
1. Azar, Betty. S.,Understanding dan Using English Grammar, Second Edition Prentice Hall. Inc., New York,1993
2. English Language As Foreign Application Standar., Basic Program I.,Pare-Kediri 2009
3. Oxford Learner’s Pocket Dictionary Third Edition., Oxford University Press 2004

source: http://sepuluhlimahighschool.blogspot.com/2012/09/cara-menghafal-regular-dan-irregular.html

Perbedaan Will, Would, Shall, dan Should (3)

Saya juga belum ngerti apa yang menjadikan kata-kata tersebut beda penggunaan kalimatnya. Dari beberapa artikel yang pernah saya kumpulin adalah sebagai berikut :



  1. Shall = Should

  2. Misalanya :
    I will go to school tomorrow, artinya Saya akan pergi ke sekolah besok (will, juga bisa sebagai kata yang pasti).
    Tapi, kalo shall
    I shall go to school tomorrow, artinya Saya hendak pergi ke sekolah besok (Shall, juga bisa sebagai kata yang belum pasti tapi diusahakan untuk pasti , kalo orangm muslim sih biasanya ngomong إنشا الله (dibaca: insha allah)).

  3. Penggunaan will dan shall

  4. 1. Will dan Shall digunakan untuk British English, Shall digunakan untuk subject I, You, We,
         They, sedangkan Will digunakan untuk subject He, She, It.
    2. Sedangkan American English semua subjeknya (I, You, We, They, He, She, It) hanya
        menggunakan Will.

  5. Would, should, dan could

  6. Would, should, dan could adalah sama-sama bentuk lampau. Sama-sama untuk permohonan, atau definitif nya adalah "asking someone politely".

    'Would' bentuk lampau dari 'Will'. 'Would' biasa digunakan untuk melakukan permohonan secara halus,
    "Would you like to come to my house ?" (artinya: Apakah kamu ingin datang ke rumahku ?).
    Pada contoh yang lebih sopan dapat menggunakan,
    "Would you mind coming to my house ?" (artinya: Maukah kamu datang ke rumahku ?)

    'Should' adalah bentuk lampau dari 'Shall', namun dengan penggunaan berbeda. Maknanya adalah seharusnya. 'Shall' beda penggunaan dengan 'should'.
    "Shall we start now?", menjadi kalimat contoh yang bukan menyatakan pertanyaan, tetapi lebih cenderung perintah untuk Bisakah kita mulai sekarang (!), ingat bukan (?).
    Penggunaan 'Shall' selalu identik untuk digunakan bersamaan dengan 'We', memang aturannya 'Shall' hanya dipakai untuk 'We' saja, bukan 'You', dan sebagainya.

    Untuk 'You' dengan konteks kalimat yang sama, 'Shall' dapat digantikan dengan 'Would', 'Will', dan 'Can', sehingga dapat menjadi "Would you start now ?". Sekali lagi, meski diakhiri tanda tanya, bukan berarti pertanyaan melainkan seperti kalimat ajakan.

  7. Kalimat Ajakan

  8. Contohnya :
    1. Shall we start now ?
    2. Will we start now?

    Beda dari keduanya adalah, bahwa penggunaan shall lebih halus (sopan).
    Penggunaan will seperti di atas, hanya umum digunakan untuk pembicaraan antar teman saja.


Source » http://namakubeno.blogspot.com/2012/08/perbedaan-will-would-shall-dan-should.html#ixzz2Ny04dCND

Belajar Bahasa Inggris (2)

In English Language we should know and understanding about TENSES. tenses differentiated into 16 types based on time. but there are 12 kinds of tenses are often used in daily life. now we will study the forms of tenses found in daily life, hopefully this all maybe an additional knowledge for you all in school, primary school, junior high school, and senior high school. please be listened to and if there are things do not understand please ask the questions here...and with pleasure i would answer your question well..

A. PRESENT TENSE

1. SIMPLE PRESENT TENSE (express daily habbits or usual activities)

Patern : S + Verb.1 + (s/es) 

that must be considered as well to remember the use of simple present tense is the addition of (-s) and (-es) in the third person singular subjects.

{I, YOU, WE, THEY,} --> verb do not need to added "-s" or "-es" the assistant verb "do" (to make negative(-) and interrogative(?) sentence)
{HE, SHE, IT} --> verb need to added "-s" or "-es" the assistant verb "does" (to make negative(-) and interrogative(?) sentence.

the addition of "-es" done if the verb ends in the letters : o,s,h and x (for the letter y, not all verbs, just that in preceded by a consonant the Y changes to "-ies", example : study-studies, carry-carries. but if preceded by a vowel, do not changes.

EXAMPLE : 

1. they play football everyday
2. Ana takes a shower everymorning
3. A square has four equal sides
4. he goes to school by bus

to changes the positive sentence to be negative and interrogative sentence can be used this formula :

Patern : (+) S + Verb 1 + (S/ES)
(-) S + Do/Does + Not + Verb 1
(?) Do/Does + S + Verb 1

EXAMPLE :

1. (-) Mr. Hadi does not teach English
(?) does Mr. Hadi teach English

2. (-) they do not go to school everyday
(?) do they go to school everyday

note the following sentence, the word not use do or does but use : IS,AM,ARE 

1. I am student 
2. You are clever


2. PRESENT CONTINUOUS TENSE (the present continuous tense expresses an activity that is in progress (is occurring, is happening) right now.

Patern : (+) S + to be (is,am,are) +Verb + ing

(-) S +to be + not + verb + ing

(?) To be + S + Verb + ing

we must know the usage of "to be" (auxiliary word) in each subject the following is an example to be from each subject : 

{I,YOU,WE,THEY,Ali and Ani,The teachers} -->are
{SHE, HE,IT,Ali,The teacher} -->is

to create form ing note the following : 

A. In general "ing " form is in the form by adding-ing to the basic verb is also called the verb 1.

for example : to play - playing, to jump - jumping

B. If the verb for verb ending by consonant are precedded by the vowels and a consonant the consonant is doubled then add-ing.

for example : to put - putting, to swim - swimming 

C. If the verb ends in "E" is preceded by a consonant, the "E" should be removed then added -ing.

for example : to come - comming, to shine - shining

time signal that is often used : now, right now, at present, today, this morning, to night.

EXAMPLE : 

1. (+) I am studying english
(-) I'm not studying english
(?) are you studying english

2. (+) they are watching tv
(-) they are not watching tv
(?) are they watching tv


3. PRESENT PERFECT TENSE (used to represent a job or event)

1. have been completed or occur when the sentence made 

2. If its followed by the words "for" or "since" the incident behind it implies still ongoing at the time the sentence made.

as we know in english there are 3 forms in the verb : Infinitive (verb.1), past (verb.2), past participle (verb.3)

there are two kinds of verb, namely :

1. Regular Verb
2. Irregular Verb

1. REGULAR VERB

to make verb.2 and verb.3 get an extre +ED or +D on verb which end on the leter "E"

Example : 

verb.2 and verb.3 added "ED"

verb .1 verb.2 verb.3
walk walked walked
open opened opened

verb.2 and verb.3 added "D" because that verb which end on the letter "E"

verb.1 verb.2 verb.3
agree agreed agreed
prepare prepared prepared

2. IRREGULAR VERB

verb.2 and verb.3 different

verb.1 verb.2 verb.3
be was/were been
go went gone
write wrote written

verb.2 and verb.3 are same 

verb.1 verb.2 verb.3
bring brought brought
teach taught taught
have had had

verb.1 verb.2 and verb.3 are same

verb.1 verb.2 verb.3
cut cut cut
put put put
read read read

to cahnge the positive(+) sentence into negative(-) and interrogative(?) sentences, note the sentence formula :

Patern : (+) S + have/has + Verb.3

(-) S + have/has + not + verb.3

(?) have/has + S + Verb.3

time signal that is often used : already, almost, ever, never, yet

note the location on the sentence : I have eaten already, he has almost arrived at his destination, i have not seen that film yet

EXAMPLE :

1. (+) I have eaten rice
(-) I have not eaten rice
(?) Have you eaten rice

2. (+) He has been to bali
(-) He has not been to bali
(?) Has he been to bali


4. PRESENT PERFECT COTINUOUS TENSE (tenses are used to denote event or actions, which began during the past, and the event or the act still going on until the sentence is made)

to know what subject to use have and has notice the following example :

{I,YOU,WE,THEY} --> HAVE
{SHE,HE,IT} ---> HAS

to change the positive(+) sentence into the negative(-) and interogative(?) sentence note the following formula :

Patern : (+) S + have/has + been + verb + ing
(-) S + have/has + not + been +verb + ing
(?) Have/has + S + been + verb + ing

EXAMPLE : 

1. (+) father has been reading newspaper since an hour ago
(-) father has not been reading newspaper since an hour ago
(?) has father been reading newspaper since an hour ago

2. (+) we have been swimming for two hours
(-) we have not been swimming for two hours
(?) have you been swimming for two hours


source: http://indonesiaindonesia.com/f/92674-english-tenses-lets-know-and-learn/

Belajar Bahasa Inggris (1)


1. SIMPLE PAST TENSE

tense ini digunakan untuk menyatakan perbuatan atau kejadian yang dilakukan pada waktu lampau.


rumus : (+) S+Verb.2
(-) S+ did not/didn't+Verb.1
(?) Did + S+ Verb.1


sebagaimana kita ketahui pada bagian pertama tentang tenses yaitu pembahasan present perfect tense kita menggunakan bentuk kata kerja ketiga(Verb.3) tetapi pada simple past tense kita menggunakan bentuk II (Verb.2).

dsana juga dijelaskan cara membentuk kata kerja II baik yang beraturan (regular verb) maupun yang tidak beraturan (irregular verb).

contoh kalimat :
1. they played football yesterday

2. shinta sang a song justnow

3. mrs. nani tought english five years ago


berikut ini contoh yang tidak menggunakan kata kerja, yaitu menggunakan was dan were. untuk mengetahui subjek apa saja yang memakai were perhatikan contoh berikut ini:


i, she, he, it => menggunakan was

you, we, they => menggunakan were


contoh :
1. i was late justnow

2. they were at home yesterday



contoh perubahan kalimat dari bentuk (+), (-),(?) :

1. (+) he ate bananas
(-) he did not eat bananas
(?) did he eat bananas

2. (+) they waited for me
(-) they didn't wait for me
(?) did they wait for me


keterangan waktu yang biasa dipakai :

yesteday = kemarin
the day before yesterday = baru saja, tadi
last week = minggu lalu
last month = bulan kemarin/lalu
last year = tahun lalu
two days ago = 2 hari yg lalu
and etc.


2. PAST CONTINUOUS TENSE
past continuous tense digunakan untuk menyatakan kejadian atau pekerjaan yang dikerjakan pada waktu lampau.


rumus : (+) S +WAS/WERE + VERB + ING
(-) S + WAS/WERE + NOT + VERB + ING
(?) WAS/WERE + S + VERB + ING


untuk menggunakan -ing perlu di perhatikan hal berikut :

a. sebagian besar bentuk -ing itu dbentuk dengan menambahkan -ing pada kata dasar.

contoh : drink - drinking
go - going
cook - cooking

b. jika kata kerja berakhiran konsonan yg d dahului oleh vokal dan konsonan maka konsonan tersebut digandakan kemudian ditambah -ing.

contoh : sit - sitting
swim - swimming
slip - slipping

c. apabila berakhiran huruf "e" yg d dahului oleh huruf mati maka "e" harus dihilangkan kemudian ditambah -ing.

contoh : make - making
come - coming
shine - shining


contoh kalimat :
1. (+) wati was drinking a glass of milk when you called me
(-) wati wasn't drinking a glass of milk when you called me
(?) was wati drinking a glass of milk when you called me

2. (+) you were playing when the accident happened
(-) you weren't playing when the accident happened
(?) were you playing when the accident happened


3. PAST PERFECT TENSE
past perfect tense digunakan untuk menyatakan perbuatan atau kejadian yang sudah selesai dilakukan sebelum waktu tertentu pada masa lampau.

past perfect tense juga digunakan untuk menyatakan kejadian atau perbuatan yang sudah selesai sebelum kejadian lain dimulai pada waktu lampau.


rumus : (+) S + HAD + VERB.3
(-) S + HAD + NOT + VERB.3
(?) HAD + S + VERB.3


contoh : 
1. (+) mother had cooked when my sister came
(-) mother hadn't cooked when my sister came
(?) had mother cooked when my sister came

2. (+) he had paid his debt before i gave him money
(-) he hadn't paid his debt before i gave him money
(?) had he paid his debt before i gave him money


4. PAST PERFECT CONTINUOUS TENSE
past perfect continuous tense digunakan untuk menyatakan kejadian atau perbuatan yang sudah dimulai pada waktu lampau dan masih berlangsung pada waktu lampau juga.


rumus : (+) S + HAD + BEEN + VERB + ING
(-) S + HAD + NOT + BEEN + VERB + ING
(?) HAD + S + BEEN + VERB + ING


contoh kalimat : 
1. (+) they had been leaving before their parents came
(-) they had not been leaving before their parents came
(?) had they been leaving before their parents came

Tuesday 12 March 2013

MTQ IPB 2013 VI

Peserta Terbaik II Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Mahasiswa VI IPB tahun 2013 cabang Musabaqah Hifdz Qur'an (MHQ) 1 Juz, 2013




KEPUTUSAN DEWAN HAKIM
MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ) MAHASISWA VI TAHUN 2013
INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB)

TENTANG

PENETAPAN PESERTA TERBAIK I, II, DAN III
MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ) MAHASISWA VI TAHUN 2013
INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB)

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
DEWAN HAKIM MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ)
MAHASISWA VI TAHUN 2013
Menimbang:
1.      bahwa dalam rangka menentukan peserta terbaik MTQ Mahasiswa VI Institut Pertanian Bogor tahun 2013, perlu dipilih peserta peringkat I, II, dan III;
2.      bahwa untuk melaksanakan maksud point 1 di atas, perlu ditetapkan dengan Surat Keputusan Dewan Hakim;
3.      bahwa nama-nama yang tercantum pada lampiran Keputusan ini dianggap telah memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai peserta terbaik I, II, dan III pada MTQ Mahasiswa VI Institut Pertanian Bogor tahun 2013.
Mengingat:
            1.      Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
            2.      Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 1999 tentang Sistem Pendidikan Tinggi;
            3.      
1
 
Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No. 182A tahun 1988 dan  No. 48 Tahun 1988 tentang Organisasi Lembaga Pengembangan Tilawah Qur’an (LPTQ). Bab VII pasal 9 ayat 1 menyebutkan bahwa Pembina LPTQ antara lain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan;
            4.      Keputusan Menteri Pendidikan & Kebudayaan No.155/0/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi;
            5.      Pola Pengembangan Kemahasiswaan (Polbangmawa) Tahun 2006.
Memerhatikan:
a.       Hasil perolehan nilai yang diraih peserta MTQ Mahasiswa VI Institut Pertanian Bogor tahun 2013.
b.      Keputusan dewan hakim MTQ Mahasiswa VI 2013 Institut Pertanian Bogor pada tanggal 2 Maret 2013.
M E M U T U S K A N
Menetapkan

PENETAPAN PESERTA TERBAIK I, II, DAN III
MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ) VI TAHUN 2013
INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB)

Pertama
:
Menetapkan nama-nama yang tercantum dalam lampiran Keputusan ini sebagai Peserta Terbaik I, II, dan III dalam MTQ Mahasiswa VIInstitut Pertanian Bogor tahun 2013;
Kedua
:
Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan dengan ketentuan bahwa Keputusan ini tidak dapat diganggu gugat.








Ditetapkan di      Bogor
Pada tanggal        :02 Maret 2013






Drs. Hamzah, M.Si
NIP. 196505232007011001




Tembusan :
1.      Rektor IPB
2.      Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan
3.      Direktus Kemahasiswaan IPB
4.      Anggota Dewan Hakim
5.      Arsip


Lampiran:

KEPUTUSAN DEWAN HAKIM
MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ) MAHASISWA VI TAHUN 2013
INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB)

TENTANG

PENETAPAN PESERTA TERBAIK I, II, DAN III
MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ) MAHASISWA VI TAHUN 2013
INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB)


I.       CABANG MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ)

PUTERA :
 [
Peringkat
Nama Peserta
Jumlah Nilai
I
Khaidar Hazmi
164
II
Syaddam Husein Fatagar
163
III
Abdul Hadi Lubis
159
PUTERI :
Peringkat
Nama Peserta
Jumlah Nilai
I
Vivi Safriani
163
II
Mida Laila Pisema
154
III
Oktavia Damayanti
141

II.     CABANG MUSABAQAH TARTIL QUR’AN (MTarQ)

PUTERA :
Peringkat
Nama Peserta
Jumlah Nilai
I
Amroyanu Habib
184,2
II
Damiyati
183,5
III
Teungku Haikal
180,4
PUTERI :
Peringkat
Nama Peserta
Jumlah Nilai
I
Farih Najah Rosadiah
75
II
Oktavia Damayanti
72
III
Vivi Safriani
64




III.  CABANG MUSABAQAH HIFDZ QUR’AN (MHQ) 1 JUZ

PUTERA :
 [
Peringkat
Nama Peserta
Jumlah Nilai
I
Abdul Aziz
99,6
II
Sayyid Naufal Al Qosam
98
III
Teungku Haikal
94,3
PUTERI :
Peringkat
Nama Peserta
Jumlah Nilai
I
Farih Najah Rosadiah
100
II
Arni Nurwida
98,3
III
Santi Susanti
98,2

IV.  CABANG MUSABAQAH HIFDZ QUR’AN (MHQ) 2 JUZ

PUTERA :
Peringkat
Nama Peserta
Jumlah Nilai
I
Ahmad Fachruddin
96,6
II
Muhammad Hakim Nur Huda
92,6
III
Muhammad Fahmi Amir
92,3
PUTERI :
Peringkat
Nama Peserta
Jumlah  Nilai
I
Farih Najah Rosadiah
98,6
II
Azizah Rohimah
97
III
Salsabila Khotibatunnisa
95,6

V.                 CABANG MUSABAQAH FAHM QUR’AN (MFQ)

Peringkat
Nama Peserta
I
 Azwinur
 Ria Hayatun Nur
 Rahmad
II
 Azizah Rohimah
 Sajida Azhar
 Santi Susanti
III
 Ismayanti Pratiwi
 Chintia Febriani Permatasari
 Wira Islamiati














VI.   MUSABAQAH KHATT QUR’AN (MKQ)

PUTERA :
 [
Peringkat
Nama Peserta
Jumlah Nilai
I
Mumammad Zimamul Adli
340
II
Ahsan Saifurrohman
335
III
Nurdin Kurniawan Sukarya
240
PUTERI :
Peringkat
Nama Peserta
Jumlah Nilai
I
Halimatus Sa’diyah
340
II
Fikriana Mahdiana
335

VII.              CABANG MUSABAQAH KARYA TULIS AL QUR’AN MAHASISWA (LKTIA)

Peringkat
Nama Peserta
Jumlah Nilai
I
 Ismi Isti’anah

2047 
Syifa Paoziah
 Siti Rohmawati
II
 Yani Mulyani

2016 
Sri Hayati
 Eka Diati Ningsih
III
 Abdul Rahman Putra

1903 
Deden Dwi Permadi
 Annisya Rosdiana

VIII.           CABANG MUSABAQAH QIRA’AT SAB’AH

Peringkat
Nama Peserta
Jumlah Nilai
I
Damiyati
148
II
Abdul Hadi Lubis
147
III
Khoirul Umam
133

IX. CABANG DEBAT KANDUNGAN AL-QUR’AN DALAM BAHASA ARAB

Peringkat
Nama Peserta
Jumlah Nilai
I
Fathur Rahman
87,3
II
Adi Chandra Berampu
85,3
III
Andi M. Noor Iksan
76,6

X.    CABANG DEBAT KANDUNGAN AL-QUR’AN DALAM BAHASA INGGRIS

Peringkat
Nama Peserta
Jumlah Nilai
I
Muhammad Iqbal Maulana
80
II
Yos Rizal Prima Saputra
79
III
Gugi Yogaswara
77

XI. CABANG DEBAT KANDUNGAN AL-QUR’AN DALAM BAHASA
INDONESIA

Peringkat
Nama Peserta
Jumlah Nilai
I
Efi Riana
81
II
Bimo Hario Kusumo
77
III
Ikhwan Al Amin
75

XII.             CABANG MUSABAQAH PIDATO KANDUNGAN QUR’AN

Peringkat
                Nama Peserta               
Jumlah Nilai
I
Nur Angel Muti’ah
167
II
Ghozy Al-Marsus
165
III
Nur Arif Rohman
165

XIII.         CABANG MUSABAQAH PUITISASI KANDUNGAN QUR’AN

Peringkat
Nama Peserta
Jumlah Nilai
I
Eer Muhamad Hoerudin
337,5
II
Ghozy Al-Marsus
310
III
Zulmiziar Marwandana
210




Ditetapkan di            Bogor
Pada tanggal 02 Maret 2013

Ketua Pelaksana/Ketua Dewan Hakim,



     Drs. Hamzah, M.Si
      NIP. 196505232007011001



Sumber: http://www.lpqalhurriyyah.org/2013/03/keputusan-dewan-hakim-mtq-vi_5567.html