Laman

Friday 29 March 2024

Mahabbah (Mahabbatullah) (Part 13)

Quote 29

Indonesian:
"Rindu adalah derajat tertinggi dan tingkat mistik teratas. Ketika seseorang berhasil meraihnya, niscaya dia tidak sabar menunggu datangnya kematian karena saking rindu berat dia kepada Tuhannya."

(Dzun Nun Al-Mishri)


Quote 30

Indonesian:
"Tidaklah seorang pecinta, melainkan pasti seorang perindu abadi karena perintah Sang Haq Allah SWT tiada pernah ada batasnya. Jadi, kapan saja seorang hamba mencapai batas akhir, dia mengetahui di luar batas itu ada sesuatu yang lebih besar dan lebih sempurna."

(As-Suhrawardi)


Quote 31

Indonesian:
"Hal itu karena Nabi Musa as begitu rindu berjumpa dengan-Nya dan mengesampingkan alias tidak menggubris orang-orang yang ada di belakang beliau. Nabi Musa begitu rindu berbicara dengan Allah dan melempar begitu saja papah lauh berisi perintah Tuhan ketika dia kehilangan waktu."

(Al-Wasithi)


Quote 32

Indonesian:
"Hati para perindu bercahaya dengan pancaran sinar Allah. Apabila ia bergerak karena dorongan rindu, cahayanya mampu menerangi antara timur dan barat. Lalu Allah SWT memperlihatkannya kepada para malaikat sembari berkata, 'Mereka itulah orang-orang yang rindu kepada-Ku. Aku jadikan kalian sebagai saksi bahwa Aku lebih rindu kepada mereka."

(Faris Ad-Dinawari)


Quote 33

Indonesian:
"Setiap makhluk memiliki tingkatan kerinduan biasa, tapi belum tentu memiliki tingkatan kerinduan yang makin menggebu justru setelah bertemu. Ketika seseorang sudah masuk ke dalam kerinduan yang kedua tadi, dia pasti akan gila, hingga jejaknya tak terlihat lagi."

(An-Nashrabadzi)

Continued to Part 14: Mahabbah (Mahabbatullah) (Part 14)

No comments:

Post a Comment