Laman

Friday 29 March 2024

Mahabbah (Mahabbatullah) (Part 08)

Quote 04

Indonesian:
"Cinta mereka kepada Allah muncul dari cinta-Nya kepada mereka. Lalu Dia berkata, 'Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya.' Bagaimana sifat-sifat spiritual dapat muncul dari sifat-sifat yang kekal dan abadi?"

(Al-Wasithi)


Quote 05

Indonesian:
"Allah SWT menyebut cinta-Nya kepada mereka dan cinta mereka kepada-Nya kemudian menyifati mereka dalam cinta-Nya kepada mereka. Lalu Dia berfirman, 'Yang bersikap lemah lembut kepada orang-orang yang mukmin.' Dia memulai dari menggambarkan cinta dengan kerendahan hati yang merupakan kebalikan dari kesombongan. Adapun sombong lahir dari kebodohan yang mengantar pada penderitaan dan keputusasaan sedangkan rendah hati lahir dari ilmu."

(Abu Utsman)


Quote 06

Indonesian:
"Barangsiapa menegaskan cinta kepada Allah tanpa syarat cinta Allah kepadanya, maka klaimnya itu sia-sia sampai dia menegaskan terlebih dahulu cinta Allah kepada dirinya. Allah SWT berfirman, 'Maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya.' (QS. Al-Maidah (5): 54)"

(Imam Al-Junaid)


Quote 07

Indonesian:
"Selama engkau belum keluar sepenuhnya dari dirimu, engkau belum masuk ke dalam batas cinta."

(Ar-Rudzbari)


Quote 08

Indonesian:
"Pecinta Allah tidak pernah berhenti merindukan dan menghela nafas panjang hingga dia beristirahat tenang di sisi Dia yang dicintainya."

(Rabi'ah Al-Adawiyah)

Continued to Part 09: Mahabbah (Mahabbatullah) (Part 09)

No comments:

Post a Comment