Laman

Friday 29 March 2024

Mahabbah (Mahabbatullah) (Part 06)

Hadith 04

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَتَى السَّاعَةُ قَالَ وَمَا أَعْدَدْتَ لِلسَّاعَةِ قَالَ حُبَّ اللَّهِ وَرَسُولِهِ قَالَ فَإِنَّكَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ قَالَ أَنَسٌ فَمَا فَرِحْنَا بَعْدَ الْإِسْلَامِ فَرَحًا أَشَدَّ مِنْ قَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَإِنَّكَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ 

Indonesian:
"Pada suatu hari seorang laki-laki datang kepada Rasulullah ﷺ seraya bertanya, 'Ya RasululIah, kapankah kiamat itu akan datang?' Mendengar pertanyaan laki-laki itu, Rasulullah ﷺ balik bertanya: 'Apa yang telah kamu siapkan untuk menghadapi kiamat?' Laki-laki itu menjawab, 'Kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya.' Kemudian Rasulullah ﷺ bersabda, 'Sesungguhnya kamu akan bersama orang yang kamu cintai (kelak pada hari kiamat).'

(HR. Muslim; Shahih)


Hadith 05

مَنْ تَقَرَّبَ مِنِّي شِبْرًا تَقَرَّبْتُ مِنْهُ ذِرَاعًا وَمَنْ تَقَرَّبَ مِنِّي ذِرَاعًا تَقَرَّبْتُ مِنْهُ بَاعًا وَمَنْ أَتَانِي يَمْشِي أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً وَمَنْ لَقِيَنِي بِقُرَابِ الأَرْضِ خَطِيئَةً لاَ يُشْرِكُ بِي شَيْئًا لَقِيتُهُ بِمِثْلِهَا مَغْفِرَةً

English:
"He who comes with goodness, there are in store for him ten like those and even more than those: 'And he who comes with vice, ' it is only for that that he is called to account. I even forgive him (as I like) and he who draws close to Me by the span of a palm I draw close to him by the cubit, and he who draws close to Me by the cubit I draw close to him by the space (covered) by two hands, and he who walks towards Me I rush towards him, and he who meets Me in the state that his sins fill the earth, but not associating anything with Me, I would meet Him with the same (vastness) of pardon (on My behalf)."

Indonesian:
"Barangsiapa berbuat kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan yang semisalnya dan terkadang Aku tambahkan lagi. Dan Barangsiapa yang berbuat keburukan, maka balasannya adalah keburukan yang serupa atau Aku mengampuninya. Barangsiapa mendekat kepada-Ku satu jengkal maka Aku akan mendekat kepada-Nya satu hasta, jika ia mendekat kepada-Ku satu hasta maka Aku akan mendekat kepadanya satu depa, dan jika ia mendatangi-Ku dengan berjalan maka Aku akan mendatanginya dengan berlari. Dan barang siapa yang bertemu dengan-Ku dengan membawa kesalahan sebesar isi bumi tanpa menyekutukan-Ku dengan yang lainnya, maka Aku akan menemuinya dengan ampunan sebesar itu pula."

(HR. Muslim; Shahih)


Hadith 06

Indonesian:
"Rasulullah SAW melihat ke arah Mush'ab bin Umair ra. yang datang mendekat dengan kulit domba yang dililitkan ke tubuhnya. Lalu Nabi bersabda, 'Lihatlah laki-laki yang Allah SWT menyinari hatinya ini. Saya pernah melihat dia bersama kedua orang tuanya, yang memberi dia makanan dan minuman terbaik. Namun, cinta Allah dan Rasul-Nya telah menjadikan dia seperti apa yang kalian lihat sendiri.'"

English:
"Rasulullah SAW looked at Mus'ab bin Umair ra. who came closer with a sheepskin wrapped around his body. Then the Prophet said, 'Look at this man who Allah SWT has brighted in his heart. I have seen him with his parents, who gave him the best food and drink. However, the love of Allah and His Messenger has made him what you see for yourselves.'"

(Hadits; Aisyah Al-Ba'uniyah. 2021. Menjalin Ikatan Cinta Allah SWT. Turos Pustaka)


Hadith 07

Indonesian:
"Aku berwasiat kepadamu tiga kali tentang Aku. Apapun yang terjadi padamu, kamu harus selalu memenangkan cintamu kapada-Ku atas yang lain. Barangsiapa tidak berbuat demikian, tidak akan Aku rahmati dan tidak pula Aku sucikan."

(Firman Allah; Aisyah Al-Ba'uniyah. 2021. Menjalin Ikatan Cinta Allah SWT. Turos Pustaka)


Hadith 08

Indonesian:
"Sesungguhnya Aku jika menelusuri hati batin seorang hamba lalu tidak menemukan kecintaan pada dunia dan akhirat, niscaya akan Aku penuhi dengan cinta-Ku dan akan Aku beri penjagaan dan perlindungan-Ku."

(Firman Allah; Aisyah Al-Ba'uniyah. 2021. Menjalin Ikatan Cinta Allah SWT. Turos Pustaka)

Continued to Part 07: Mahabbah (Mahabbatullah) (Part 07)

No comments:

Post a Comment